Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mari Kita Mengenal Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Terbaru

Mengenal Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Terbaru

Halo sahabat POROS KOMPAS dimanapun berada, kembali bersua pad pembasan seputar Kurikulum Merdeka. Pada kesempatan kali ini admin akan mengajak Anda semua untuk mengenal tentang Apa Itu Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka?. Yuk, mari  kita simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Rapor Merdeka?

Rароr Merdeka аdаlаh aplikasi pembuatan rароr Kurikulum Merdeka уаng dapat dіgunаkаn оlеh ѕеmuа ѕеkоlаh SD, SMP, SMA dаn SMK se Indonesia.

Sebentar lagi harus mengisi Rapor Kurikulum Merdeka, tapi kamu belum tahu format yang benar seperti apa? Tak usah khawatir, poroskompas.id telah menghadirkan penjelasan mengenai Rapor Merdeka yang bisa banget dijadikan referensi!

Rapor Kurikulum Merdeka merupakan sebuah platform yang digunakan untuk menginput data hasil evaluasi pendidikan.

Rapor ini telah diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim sejak 30 November 2022.

Pertanyaan Yang Sering Muncul Tentang Rapor Kurikulum Merdeka

Apa visi misi aplikasi Rapor Merdeka?

Visi kami adalah menjadi tulang punggung teknologi bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Misi Rapor Merdeka adalah memudahkan proses administrasi pembuatan rapor untuk semua sekolah di Indonesia dan membantu percepatan sekolah-sekolah di Indonesia dalam penerapan Kurikulum Merdeka.

Siapa yang membangun aplikasi Rapor Merdeka ini?

Rapor Merdeka dibangun oleh PT. Quintal Edutama Solusindo. Pengembang Integrated School Management System terbaik di Indonesia yang telah melayani banyak sekolah unggulan sejak tahun 2015.

Rapor Merdeka bisa digunakan oleh siapa saja?

Rapor Merdeka bisa digunakan oleh semua sekolah di Indonesia baik swasta maupun negri, mulai dari jenjang SD, SMP, SMA sampai dengan SMK. 

Rapor Merdeka bisa digunakan untuk pembuatan Rapor Kurikulum Merdeka & Kurikulum 2013 revisi 2022.

Apakah aplikasi ini terhubung dengan Dapodik?

Untuk melakukan pengaturan data di awal, Rapor Merdeka bisa langsung menarik data dari Dapodik Lokal hanya dengan menekan 1 tombol saja.

Data sekolah, guru, siswa dan pembelajaran akan otomatis tersusun rapi di dalam Rapor Merdeka. Dalam hitungan detik, akun guru siap dibagikan dan bisa langsung digunakan untuk menginput nilai.

Apakah sekolah perlu menyediakan server lokal?

Tidak, Rapor Merdeka menyimpan data sekolah di salah satu Cloud Provider teraman dan terbesar di Indonesia yaitu Google Cloud. Dengan begitu, setiap guru bisa mengakses sistem ini dimanapun dan kapanpun juga melalui internet tanpa harus mengandalkan server di sekolah.

Google Cloud juga adalah Cloud Provider di mana semua akun belajar.id besutan Kemendikbud disimpan.

Apakah untuk menggunakan harus terhubung ke internet?

Ya, Rapor Merdeka wajib digunakan melalui internet. Dengan begitu guru,siswa dan operator bisa mengakses sistem ini darimana pun juga.

Kunggulan Rapor Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari pada Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka:

  • Kemudahan akses yang berbasis online;
  • Tidak perlu Setup server lokal sendiri, cukup tinggal login dan pakai;
  • Mudah digunakan saat input nilai dengan tampilan seperti excel;
  • Bisa akses data akademik tahun ajaran yang telah lewat; dan
  • Tidak perlu input data, karena terhubung ke data pada Aplikasi Dapodik.

Demikianlah artikel dari kami yang mengajak sahabat poroskompas.id untuk Mengenal Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Terbaru dengan akses data yang otomatis terhubung pada Aplikasi Dapodik dari berbagai aspek jenis data. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih telah membaca artikel kami diatas. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan bantuan tambahan, jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentat dan jangan lupa untuk klik Berbagi. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun poroskompas.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan dan informasi lainnya.

Posting Komentar untuk "Mari Kita Mengenal Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Terbaru"