Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Mudah Membuat Google Form bagi Pemula

POROSKOMPAS.IDTips Mudah Membua Google Form - Google Form merupakan layanan yang disediakan oleh Google untuk membuat formulir survey, kuis, atau semua hal yang berhubungan dengan tanya jawab secara online. Semua orang bisa menggunakan layanan ini secara gratis. Bahkan banyak orang yang memanfaatkannya untuk mengadakan kuis, jejak pendapat atau sekedar membuat kuesioner untuk kebutuhan tugas kuliah.

Tips Membuat Google Form

Ternyata Google Form ini adalah merupakan sebuah inovasi dari Google Docs untuk membuat pertanyaan berupa kuesioner ataupun formulir pendaftaran secara online melalui platfrom Google. Google Form juga memungkinkan anda untuk membuat, mengolah dan menganalisis data dalam platfrom yang sama.

Baca Juga : Tірѕ dan Cаrа Mеnjаgа Kеаmаnаn Smаrtрhоnе Android

Selain itu anda juga dapat menambahkan jenis pertanyaan standar, fitur Drag dan Drop sesuai urutan yang anda suka. Anda juga bisa menyesuaikan bentuk dengan tema foto atau warna sederhana, dan mengumpulkan tanggapan dalam formulir atau menyimpannya ke Google Sheets Spreadsheet.

Walaupun Google Form ini sudah cukup familiar di berbagai kalangan, tapi tetap saja banyak orang yang belum pernah mencoba layanan ini. Cara Membuat Google Form sangatlah mudah. Sudah banyak tutorialnya  yang dibagikan di internet.

Namun, babagaimana cara membuat Google Form itu menjadi lebih menarik sehingga bisa meningkatkan minat banyak orang untuk berkontribusi mengisinya. Berikut ini tips membuat Google Form Cepat dan Mudah untuk Pemula.

1. Izikan Responden untuk Mengedit Setelah Mengirim

Responden yang mengisi Google Form buatanmu terkadang ingin mengedit jawabannya. Bisa saja mereka merasa salah menjawab pertanyaan dan ingin mengubahnya. Untuk mempermudah responden mengedit jawaban yang sudah diberikan setelah mengirim Google Form, butuh permission darimu sebagai pemilik Google Form tersebut

Pada saat kamu membuat Google Form, jangan lupa untuk masuk ke Pengaturan Dibawah tab Umum pilih opsi Edit Setelah Mengirim. Responden tidak perlu mengisi form dengan menggunakan Google Accountnya. Setelah kamu mengizinkan mereka untuk mengedit setelah mengirim, maka mereka bisa langsung mengedit datanya sesaat setelah form terkirim.

2. Gunakan Kata-Kata yang Sederhana dan Tidak Berbelit

Kebanyakan orang merasa malas mengisi Google Form karens pertanyaan di dalamnya menggunakan kalimat yang panjang dan bahasa yang berbelit-belit. Meskipun Google Form memang menyediakan berbagai field, seperti Short Answer, Paragraph, Multiple Choice, dan lain-lain, tapi tetap saja orang akan merasa malas kalau haru membaca pertanyaan yang terlalu panjang.

Make it Simple, buat petanyaan Googel Form dengan kata-kata sederhana yang singkat, padat, dan jelas. Pastikan inti dari pertanyaanmu sudah tersampaikan. Penggunaan bahasa yang terlalu berbelit-belit hanya membuat responden membacanya dengan asal-asalan sehingga jawaban yang kamu terima pun tidak akurat.

Baca Juga : Cara Mudаh Mеnаmbаh Admіn Dаn Pеnulіѕ Baru Di Blоg

3. Selalu Sisipkan Opsi "Other" untuk Jawaban Responden

Beberapa pertanyaan mungkin saja tidak harus dijawab dengan opsi yang sudah kamu sediakan. Mungkin saja responden punya jawaban lain untuk pertanyaanmu tersebut. Nah, untuk menghargai responden dan kamu pun bisa mendapatkan jawabannya yang terbaik, selalu sisipkan opsi "Other" untuk jawaban dari respondenmu.

Opsi ini bertujuan agar responden lebih leluasa menjawab pertanyaanmu sesuai dengan keinginannya. Namu perlu kamu ingat bahwa tidak semua pertanyaan harus diberi opsi "Other" ini. Jika kamu merasa sudah menyediakan jawaban yang sangat tepat untuk pertanyaanmu, maka kamu tak perlu lagi memberikan opsi ini.

4. Desain Google Form agar Terlihat Menarik

Salah satu alasan orang tidak tertarik mengisi Google Form adalah tampilannya yang dirasa kurang menarik. Sebagai pemula, kamu bisa membuat Google Form yang terlihat menarik. Caranya cukup mudah kawan, kamu hanya perlu mendesain header, warna tema, warna latar belakang, dan jenis huruf yang akan digunakan.

Gunkan gambar yang menarik dan relate dengan topik form yang kamu buat sebagai headernya. Selanjutnya, atur setiap komponen (tema, background, dan font) sesuai dengan keinginanmu. Pengaturan sederhana ini bisa membuat tampian Google Form jadi lebih keren sehingga responden pun tertarik untuk mengisinya.

Baca Juga : Cara Mudаh Mеnggаntі Pаѕѕwоrd Akun Google dі HP

5. Atur Notifikasi untuk Respon Terbaru

Sebagai pemilik Google Form, tentu saja kamu ingin lebih cepat mengetahui tanggapan dari responden. Nah, inilah saatnya kamu mengatur notifikasi by email untuk respon terbaru. Jadi setiap ada respon terbaru dari responden, kamu akan segera mengetahuinya dari email masuk.

Hal ini penting bagi kamu agas bisa mengumpulakn jawaban dari responden secara lebih cepat. Ketika data bisa dikumpulkan dengan cepat, maka proses pendataan pun bisa segera dilakukan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat Google Form yang menarik sebagai pemula. Kesimpulannya, Cara Membuat Google Form memang sangatlah mudah, tapi kita harus sedikit memberikan sentuhan modifikasi agar tampilannya terlihat menarik sehinggan calon responden pun berminat dan semangat untuk mengisi kuesionermu dengan jawaban yang akurat.

Demikianlah artikel dari kami yang  mengulas tentang Tips Mudah Membuat Google Form bagi Pemula. Terlepas dari semua tips diatas, hal yang paling penting adalah mendapatkan jawaban atau respon sebanyak-banyaknya. Jadi, kalau kamu sudah selesai membuat Google Form, sabaiknya segera share form tersebut ke berbagai media sosialmu. Jangan lupa untuk meminta bantuan teman dan rekan untuk turut ikut membagikan Google Formmu tersebut untuk memperoleh lebih banyak respon. Semoga informasi yang kami sajikan kali ini bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Tips Mudah Membuat Google Form bagi Pemula"