Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Mengakses Platform Merdeka Mengajar

POROSKOMPAS.IDCara Mengakses Platform Merdeka Mengajar - Sejak pengetahuan saya terakhir diperbarui pada September 2021, platform Merdeka Belajar adalah platform pembelajaran online yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tujuan platform ini adalah untuk menyediakan berbagai sumber belajar dan konten edukatif kepada siswa dan guru di Indonesia.

Cara Mudah Mengakses Platform Merdeka Mengajar

Cara mengakses platform Merdeka Belajar mungkin telah mengalami perubahan atau penyesuaian setelah pengetahuan saya terakhir diperbarui. Oleh karena itu, untuk informasi terkini, disarankan agar Anda mengunjungi situs web resmi Merdeka Belajar atau mencari informasi terbaru melalui sumber-sumber terpercaya yang berhubungan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Biasanya, platform seperti Merdeka Belajar dapat diakses melalui browser web di perangkat komputer atau perangkat seluler dengan koneksi internet. Anda mungkin perlu membuat akun atau login untuk mengakses beberapa konten atau fitur tertentu. Penting untuk selalu memverifikasi informasi terbaru dari sumber resmi sebelum mencoba mengakses platform atau layanan apa pun.

Seperti yang diketahui bahwa platform Merdeka Mengajar merupakan sebuah aplikasi yang sangat penting bagi para guru masa kini. Namun mungkin masih banyak guru yang belum tahu cara menggunakan alat tersebut atau bingung terkait cara mengaksesnya.

Ya, platform Merdeka Mengajar adalah sebuah pengembangan teknologi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk menunjang kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya untuk memudahkan para guru dalam mengajar. Di dalam platform tersebut tersedia sejumlah fitur yang sangat bermanfaat. Di antara fiturnya adalah sebagai tempat untuk mencari bahan ajar, alat asesmen siswa, mengikuti pelatihan mandiri, dan lain sebagainya.

Sayang sekali jika platform tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para pengajar. Oleh sebab itu, penting untuk tahu bagaimana cara menggunakan platform tersebut.

Apa Itu Platform Merdeka Mengajar 

Platform Merdeka Mengajar. Selanjutnya akan saya sebut dengan PMM. Ini adalah sebuah aplikasi untuk membantu guru dan siswa. Supaya para guru mengajar sesuai dengan kemampuan murid, menyediakan latihan untuk meningkatkan kompetensi, serta berkarya dan menginspirasi rekan sejawat. 

Isi Platform Mendeka Mengajar 

Setelah saya eksplorasi. Isinya terdiri dari :

Asesmen Murid 

Fitur ini fungisnya untuk asesmen siswa terhadap kemampuan Literasi dan Numerasi. Instrumennya sudah tersedia. Guru tinggal menggunakan saja. Bisa diakses secara online atau offline. 

Perangkat Ajar 

Disini guru bisa mendapatkan contoh perangkat ajar yang bisa dijadikan referensi. 

Pelatihan Mandiri 

Tersedia beberapa palatihan yang bisa diakses guru. 

Bukti Karya 

Jika punya video pembelajaran. Guru bisa membagikan karyanya pada fitur Bukti Karya.

Untuk mengakses fitur PMM, guru harus melakukan login dengan menggunakan akun belajar.id.

Cara Akses Platform Merdeka Mengajar 

PMM dapat di akses dengan dua cara. Bisa diakses dengan menggunakan laptop dan juga bisa diakses dengan menggunakan smartphone. Cara akses menggunakan laptop dan smartphone perbedaan. Saya akan bahas dalam tulisan ini.

Akses Platform Merdeka Mengajar Menggunakan Laptop 

Yuk, kita bahas. Cara akses PMM dari laptop. Caranya mudah. Guru cukup memasktikan dilaptopnya sudah terinstal browser. Selanjutnya... membuka browser di laptop, kemudian mengakses laman 

  1. Buka browser Chrome, kemudian akses laman guru.kemdikbud.go.id 
  2. Supaya bisa menggunakan seluruh fitur yang tersedia di dalam aplikasi PMM, guru harus login dengan menggunakan akun belajar.id. Laman login bisa diakses pada alamat guru.kemdikbud.go.id/login 
  3. Klik tombol Masuk 
  4. Kemudian ketik akun belajar.id 
  5. Ketik Password 

Akses Platform Merdeka Mengajar Menggunakan Smartphone 

Penggunaan PMM dengam menggunakan Smartphone Android terlebih dahulu harus menginstall aplikasi. Guru bisa mengunduhnya langsung melalui PlayStore.

Setelah berhasil login, lakukan login diaplikasi menggunakan akun belajar.id 

Langkah pertama yang perlu dilakukan agar dapat menggunakan platform Merdeka Mengajar adalah memiliki akses untuk masuk ke dalam platform tersebut. Sebab, tidak semua orang bisa menggunakan platform Merdeka mengajar ini. Bahkan seorang pendidik pun tidak dapat masuk ke dalam sistem platform Merdeka Mengajar jika tidak memenuhi syarat.

Nah, jika Anda seorang pendidik dan ingin menggunakan platform Merdeka Mengajar, maka Anda harus memiliki sebuah akun pembelajaran di platform Belajar.id. Jika Anda belum memiliki akun tersebut, maka Anda tidak akan bisa mengakses atau masuk ke dalam sistem platform Merdeka Mengajar.

Jika saat ini Anda belum memiliki akun yang telah disebutkan di atas, Anda bisa segera untuk menghubungi operator sekolah di tempat Anda bertugas. Nantinya operator sekolah akan membuatkan akun untuk Anda.

Apabila sudah memiliki akun Belajar.id, langkah kedua adalah mencoba masuk ke dalam sistem Merdeka Mengajar. Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan. Yang pertama masuk melalui aplikasi Merdeka Mengajar yang dapat diunduh di ponsel berbasis Android.

Untuk mendapatkan aplikasinya dapat diunduh di Google Play Store. Jika Anda sulit untuk menemukan aplikasi tersebut, coba ketik kata kunci "Merdeka Mengajar" di Google Play Store. Jika sudah ketemu, bisa langsung di-install kemudian masuk menggunakan akun belajar.id.

Selain melalui aplikasi, Anda juga bisa mengakses platform Merdeka Mengajar melalui sebuah situs di alamat berikut ini: https://guru.kemdikbud.go.id melalui komputer atau ponsel.

Untuk masuk ke situs tersebut tidak berbeda ketika menggunakan aplikasi. Temukan tombol "log in" atau "masuk" kemudian tuliskan email Anda yang dibuat di Belajar.id. Setelah itu akan terdapat notifikasi berhasil masuk, lalu klik lanjutkan. 

Pastikan saat memasukkan alamat email, ditulis dengan benar. Jika alamat email yang dimasukkan sudah benar namun masih terdapat kendala dapat menghubungi Operator Sekolah atau bisa juga langsung menghubungi helpdesk melalui tombol "Butuh Bantuan" di platform belajar.id

Itulah cara untuk akses platform Merdeka Mengajar. Mudah, bukan?

Jika Anda sudah dapat mengakses platform Merdeka Mengajar dan mengalami kesulitan dalam memanfaatkannya, dapat mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh e-Guru.id. Pelatihan ini cukup penting karena ternyata banyak manfaat yang akan didapatkan dengan memanfaatkan platform tersebut, salah satunya ketika akan mengajukan kenaikan pangkat bagi guru ASN.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengakses Platform Merdeka Mengajar"