Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E SMA Kelas 10

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E SMA Kelas 10

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E SMA Kelas 10

POROSKOMPAS.ID  ︱ Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Fase E (Untuk SMA Kelas 10) yang dikutip dari Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.

Untuk melihat Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka secara lengkap silahkan 📥 Download File Disini.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E

Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Indonesia ini penting untuk diketahui oleh para guru agar dapat menentukan Tujuan Pembelajaran (TP) lalu menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan selanjutnya merancang Modul Ajar (MA) yang akan digunakan.

Capaian Pembelajaran merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran.

Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD.

Sedangkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) disusun sebagai panduan atau rangkaian tujuan pembelajaran bagi guru dan siswa sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran.

Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk melaksanakan capaian pembelajaran di akhir fase tersebut. Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Yuk simak, berikut ini penjelasan mengenai Capaian Pembelajaran (CP) dan contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Fase E Kelas 10 SMA.

Capaian Umum Bahasa Indonesia Fase E (Kelas 10 SMA)

  • Pаdа аkhіr fаѕе E, реѕеrtа dіdіk mеmіlіkі kemampuan berbahasa untuk bеrkоmunіkаѕі dаn bеrnаlаr sesuai dengan tujuаn, kоntеkѕ ѕоѕіаl, akademis, dan dunіа kеrjа.
  • Pеѕеrtа didik mampu memahami, mеngоlаh, mеngіntеrрrеtаѕі, dаn mеngеvаluаѕі іnfоrmаѕі dаrі berbagai tipe teks tеntаng topik уаng bеrаgаm.
  • Peserta didik mampu mеnуіntеѕіѕ gagasan dan реndараt dаrі berbagai sumber.
  • Pеѕеrtа didik mаmрu bеrраrtіѕіраѕі аktіf dаlаm dіѕkuѕі dаn dеbаt.
  • Pеѕеrtа dіdіk mаmрu mеnulіѕ bеrbаgаі teks untuk menyampaikan реndараt dаn mempresentasikan serta mеnаnggарі іnfоrmаѕі nonfiksi dan fіkѕі secara krіtіѕ dan еtіѕ.

Capaiana Pembelajaran Per Elemen

Elemen Menyimak

Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

Elemen Membaca dan Memirsa

  • Peserta didik mampu mengevaluasi informasi berupa gagasan,pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks, misalnya deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.
  • Peserta didik menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif.
  • Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks.

Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

  • Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif.
  • Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi.
  • Peserta didik berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi.
  • Peserta didik mampu mengungkapkan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal.

Elemen Menulis

  • Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau fiksi.
  • Peserta didik mampu menulis teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja.
  • Peserta didik mampu mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya untuk tujuan ekonomi kreatif.
  • Peserta didik mampu menerbitkan hasil tulisan di media cetak maupun digital.

Unduh Contoh ATP Bahasa Indonesia Fase E

Untuk mendapatkan contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia pada Fase E bisa sahabat poroskompas.id unduh pada tautan dibawah ini:

Demikianlah uraian singkat yang bisa kami bagikan mengenai Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E SMA Kelas 10. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini bermanfaat bagi sahabat poroskompas.id dimanapun berada. Terima Kasih.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini dan  jangan lupa untuk klik Berbagi. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun poroskompas.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan dan informasi lainnya.

Sumber Referensi : Merdeka Belajar,    Kurikulum Merdeka

Posting Komentar untuk "Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E SMA Kelas 10"