Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase A Kelas 1-2 SD

Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase A Kelas 1-2 SD

POROSKOMPAS.ID  ︱ Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka Fase A (Untuk SD Kelas 1-2) yang dikutip dari Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.

Untuk melihat Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka secara lengkap silahkan ðŸ“¥ Download File Disini.

Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase A

Capaian Pembelajaran (CP) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti sangatlah penting untuk diketahui oleh para guru agar dapat menentukan Tujuan Pembelajaran (TP) lalu menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan selanjutnya merancang Modul Ajar (MA) yang akan digunakan.

Capaian Pembelajaran merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran.

Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD.

Sedangkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) disusun sebagai panduan atau rangkaian tujuan pembelajaran bagi guru dan siswa sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran.

Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk melaksanakan capaian pembelajaran di akhir fase tersebut. Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Yuk simak, berikut ini penjelasan mengenai Capaian Pembelajaran (CP) dan contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAI dan Budi Pekerti Fase A Kelas 1-2 SD.

Capaian Umum Pebelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase A

  • Pada akhir Fase A, pada elemen Al-Qur’an-Hadis peserta didik dapat mengenal  huruf hijaiah dan harakatnya, huruf hijaiah bersambung, dan mampu membaca  surah-surah pendek Al-Qur’an dengan baik.
  • Dalam elemen akidah, peserta didik  mengenal rukun iman, iman kepada Allah melalui nama-namanya yang agung  (asmaulhusna) dan mengenal para malaikat dan tugas yang diembannya.
  • Pada  elemen akhlak, peserta didik terbiasa mempraktikkan nilai-nilai baik dalam  kehidupan sehari-hari dalam ungkapan-ungkapan positif baik untuk dirinya maupun  sesama manusia, terutama orang tua dan guru.
  • Peserta didik juga memahami  pentingnya tradisi memberi dalam ajaran agama Islam. Mereka mulai mengenal  norma yang ada di lingkungan sekitarnya.
  • Peserta didik juga terbiasa percaya  diri mengungkapkan pendapat pribadinya dan belajar menghargai pendapat  yang berbeda.
  • Peserta didik juga terbiasa melaksanakan tugas kelompok serta  memahami pentingnya mengenali kekurangan diri dan kelebihan temannya demi  terwujudnya suasana saling mendukung satu sama lain.
  • Dalam elemen fiqih,  peserta didik dapat mengenal rukun Islam dan kalimah syahadatain, menerapkan  tata cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir dan berdoa setelah salat.
  • Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta didik mampu menceritakan secara  sederhana kisah beberapa nabi yang wajib diimani.

Capaian Pembelajaran Per Elemen

Elemen Al-Qur’an dan Hadis

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menekankan kemampuan mengenal huruf hijaiah dan harakatnya, huruf hijaiah bersambung, dan kemampuan membaca surah-surah pendek Al- Qur’an dengan baik.

Elemen Akidah

Peserta didik mengenal rukun iman kepada Allah melalui nama-namanya yang agung (asmaulhusna) dan mengenal para malaikat dan tugas yang  diembannya.

Elemen Akhlak

  • Peserta didik terbiasa mempraktikkan nilai-nilai baik dalam kehidupan sehari-hari dalam ungkapan-ungkapan positif baik untuk dirinya maupun sesama manusia, terutama orang tua dan guru. 
  • Peserta didik juga memahami pentingnya tradisi memberi dalam ajaran agama Islam. Mereka mulai mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya.
  • Peserta didik juga terbiasa percaya diri mengungkapkan pendapat pribadinya dan belajar menghargai pendapat yang berbeda.
  • Peserta didik juga terbiasa melaksanakan tugas kelompok sertamemahami pentingnya mengenali kekurangan diri dan kelebihan temannya demi terwujudnya suasana saling mendukung satu sama lain.

Elemen Fiqih

Peserta didik mampu mengenal rukun Islam dan kalimah syahadatain, menerapkan tata cara bersuci, shalat fardu, azan, ikamah, zikir dan berdoa setelah shalat.

Elemen Sejarah Peradaban Islam

Peserta didik mampu menceritakan secara sederhana kisah beberapa nabi yang wajib diimani.

Unduh Contoh ATP PAI dan Budi Pekerti Fase A

Untuk mendapatkan contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti pada Fase A bisa sahabat poroskompas.id unduh pada link dibawah ini:

Demikianlah uraian singkat yang bisa kami bagikan mengenai Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase A SD Kelas 1-2. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini bermanfaat bagi sahabat poroskompas.id dimanapun berada. Terima Kasih.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini dan  jangan lupa untuk klik Berbagi. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun poroskompas.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan dan informasi lainnya.

Sumber Referensi : Merdeka Belajar,    Kurikulum Merdeka

Posting Komentar untuk "Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase A Kelas 1-2 SD"