Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Fase D SMP Kelas 7-9

Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Fase D

POROSKOMPAS.ID  ︱ Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka Fase D (Untuk SMP Kelas 7-9) yang dikutip dari Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.

Untuk melihat Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka secara lengkap silahkan 📥 Download File Disini.

Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase D

Capaian Pembelajaran (CP) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti sangatlah penting untuk diketahui oleh para guru agar dapat menentukan Tujuan Pembelajaran (TP) lalu menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan selanjutnya merancang Modul Ajar (MA) yang akan digunakan.

Capaian Pembelajaran merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran.

Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD.

Sedangkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) disusun sebagai panduan atau rangkaian tujuan pembelajaran bagi guru dan siswa sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran.

Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk melaksanakan capaian pembelajaran di akhir fase tersebut. Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Yuk simak, berikut ini penjelasan mengenai Capaian Pembelajaran (CP) dan contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAI dan Budi Pekerti Fase D SMP Kelas 7-9.

Capaian Umum Pebelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase D

  • Pada akhir Fase D, pada elemen Al-Qur’an Hadist peserta didik memahami definisi Al-Qur’an dan Hadist Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam.
  • Peserta didik juga memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam ajaran Islam.
  • Peserta didik juga mampu menjelaskan pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama. Peserta didik juga memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam.
  • Dalam elemen akidah, peserta didik mendalami enam rukun Iman.
  • Dalam elemen akhlak, peserta didik mendalami peran aktivitas salat sebagai bentuk penjagaan atas diri sendiri dari keburukan.
  • Peserta didik juga memahami pentingnya verifikasi (tabayyun) informasi sehingga dia terhindar dari kebohongan dan berita palsu.
  • Peserta didik juga memahami definisi toleransi dalam tradisi Islam berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadist-Hadist Nabi.
  • Peserta didik juga mulai mengenal dimensi keindahan dan seni dalam Islam termasuk ekspresi-ekspresinya.
  • Dalam elemen ibadah, peserta didik memahami internalisasi nilai-nilai dalam sujud dan ibadah salat, memahami konsep mu‘āmalah, riba, rukhsah, serta mengenal beberapa mazhab fiqih, dan ketentuan mengenai ibadah qurban.
  • Dalam elemen sejarah, peserta didik mampu menghayati penerapan akhlak mulia dari kisah-kisah penting dari Bani Umayyah, Abbasiyyah, Turki Usmani, Syafawi dan Mughal sebagai pengantar untuk memahami alur sejarah masuknya Islam ke Indonesia.

Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Per Elemen

Elemen Al-Qur’an dan Hadist

  • Peserta didik memahami definisi Al-Qur’an dan Hadist Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam. Peserta didik juga memahami  pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam ajaran Islam.
  • Peserta didik juga mampu menjelaskan pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama. Peserta didik juga memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam.

Elemen Akidah

Peserta didik mendalami enam rukun Iman. 

Elemen Akhlak

  • Peserta didik mendalami peran aktivitas shalat sebagai bentuk penjagaan atas diri sendiri dari keburukan.
  • Peserta didik juga memahami pentingnya verifikasi (tabayyun) informasi sehingga dia terhindar dari kebohongan dan berita palsu.
  • Peserta didik juga memahami definisi toleransi dalam tradisi Islam berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadist-Hadist Nabi.
  • Peserta didik juga mulai mengenal dimensi keindahan dan seni dalam Islam termasuk ekspresi-ekspresinya.

Elemen Fiqih

Peserta didik memahami internalisasi nilai-nilai dalam sujud dan ibadah salat, memahami konsep muʿāmalah, riba, rukhsah, serta mengenal beberapa mazhab fikih, dan ketentuan mengenai ibadah qurban.

Elemen Sejarah Peradaban Islam

Peserta didik mampu menghayati penerapan akhlak mulia dari kisah-kisah penting dari Bani Umayyah, Abbasiyyah, Turki Usmani, Syafawi dan Mughal sebagai pengantar untuk memahami alur sejarah masuknya Islam ke Indonesia.

Unduh Contoh ATP PAI dan Budi Pekerti Fase D

Untuk mendapatkan contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti pada Fase E bisa sahabat poroskompas.id unduh pada link dibawah ini:

Demikianlah uraian singkat yang bisa kami bagikan mengenai Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase D SMP Kelas 7-9. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini bermanfaat bagi sahabat poroskompas.id dimanapun berada. Terima Kasih.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini dan  jangan lupa untuk klik Berbagi. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun poroskompas.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan dan informasi lainnya.

Sumber Referensi : Merdeka Belajar,    Kurikulum Merdeka

Posting Komentar untuk "Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Fase D SMP Kelas 7-9"