Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah dan IKM Mandiri Berbagi

POROSKOMPAS.IDPerbedaan Implementasi Kurikulum Merdeka - Sebelum melangkah lebih jauh mengenai penerapan Kurikulum Merdeka alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengetahui perbedaan dari tiga jenis konsep dari Implementasi Kurikulum Merdeka. Lalu apa saja Perbedaan IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah dan IKM Mandiri Berbagi? Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi telah menerbitkan Keputusan Kepala BSKAP Nomor 034/H/KR/2022 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2022/2023.

Dalam SK tersebut terdapat sekolah yang masuk dalam katagori IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi. Namun saat ini hingga 5 Juli 2022 yang akan datang, sekolah diberi kesempatan untuk melakukan perubahan katagori jenis (jalur) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai perbedaan IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah, dan IKM Mandiri Berbagi alangkah baiknya terlebih dahulu mengenal apa itu Implementasi Kurikulum Merdeka atau yang biasa disingkat dengan IKM.

poroskompas.id - Implementasi Kurikulum Merdeka

Definisi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) merupakan salah satu program prioritas lintas unit utama di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang melibatkan Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP);  Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen);  Direktorat Jenderal Guru, dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK); serta Direktorat Jenderal (Ditjen) Vokasi.

Pelaksana tugas Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (Plt. Dirjen PMPK), Ditjen PAUD Dikdasmen, Aswin Wihdiyanto mengatakan bahwa, selain mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, ada proses pembelajaran untuk semua. Bukan hanya mengajarkan peserta didik, tetapi bagaimana tenaga pendidik, belajar bersama untuk menjalankan kurikulum yang lebih baik dan pada akhirnya tercipta ekosistem pembelajaran yang luar biasa.

Lalu apa Perbedaan IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah dan IKM Mandiri Berbagi. Dalam Surat Edaran GTK Kemdikbud Nomor 1919/B1.B5/GT.01.03/2022 tertanggal 19 April 2022 maupun dalam Surat Edaran GTK Kemdikbud Nomor 2774/H.H1/KR.00.01/2022 Tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Tahun Ajaran 2022/2023 tertanggal 28 Juni 2022 dinyatakan bahwa Perbedaan IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi adalah sebagai berikut:

Mandiri Belajar 

Di dalam Mandiri Belajar, maka Satuan pendidikan menggunakan struktur Kurikulum 2013 dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya dan menerapkan beberapa prinsip Kurikulum Merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen.

Sekolah yang memilih Mandiri Belajar masih menggunakan Kurikulum 2013 tapi sudah mulai menerapkan prinsip-prinsip yang ada di Kurikulum Merdeka, terutama dalam rangka peningkatan kompetensi literasi, numerasi, penguatan pendidikan karakter dan lainnya yang ada di Kurikulum Merdeka.

Pilihan Mandiri Belajar memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, yaitu tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7, dan 10.

Mandiri Berubah 

Pada pilihan Mandiri Berubah, Satuan Pendidikan menggunakan struktur kurikulum Merdeka dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya dan menerapkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen.

Mandiri Berubah artinya yaitu sudah memanfaatkan sepenuhnya platform Merdeka Mengajar yang disiapkan oleh Kemendikbudristek.

Satuan pendidikan dapat memilih CP, TP, ATP, perangkat ajar, dan asesmen di platform Merdeka Mengajar, yang juga sudah memuat segala kebutuhan sekolah untuk menerapkan Kurikulum Merdeka.

Mandiri Berubah memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah tersedia pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7, dan 10.

Mandiri Berbagi 

Di dalam Mandiri Berbagi, Satuan Pendidikan menggunakan struktur kurikulum Merdeka untuk mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya dan menerapkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen, dengan komitmen untuk membagikan praktik-praktik baiknya kepada satuan pendidikan lain.

Pilihan Mandiri Berbagi akan memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.

Bagaimana Langkah-langkah Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang diajurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi? Berikut ini penjelasannya sebagaimana telah disampaikan dalam Surat Edaran GTK Kemdikbud Nomor 1919/B1.B5/GT.01.03/2022, Persiapan dan Langkah Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yakni sebagai berikut:

Dengan kata lain, bagi yang sudah sangat siap, yang selama ini melaksanakan banyak praktik baik terkait pengembangan perangkat ajar dan lain sebagainya, ditinjau dari sarana dan prasarana, kesiapan SDM, dan jika sudah bisa berkarya atau berinovasi, tidak sekedar yang ada di platform Merdeka Mengajar tetapi juga bisa berbagi pada sekolah-sekolah lain dalam bentuk karya-karya yang inovatif dan tetap mengikuti prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, maka diberi kesempatan untuk memilih opsi Mandiri Berbagi.

Posting Komentar untuk "Perbedaan IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah dan IKM Mandiri Berbagi"