Struktur Kurikulum Merdeka SMP/MTs Beserta Alokasi Waktunya
Struktur Kurikulum Merdeka SMP/MTs Beserta Alokasi Waktunya
POROSKOMPAS.ID ︱ Struktur Kurikulum Merdeka SMP atau MTs telah diatur oleh SK Mendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran.
SK Menteri No. 56 Tahun 2022 mengatur struktur kurikulum mulai dari jenjang PAUD, pendidikan dasar dan menengah, SLB, dan kurikulum kesetaraan (paket A, B, dan C).
Pada tulisan ini akan mengkaji sistematika penulisan struktur kurikulum di jenjang SMP/MTs.
Walaupun jenjang SMP atau MTs hanya ada 1 fase yaitu Fase D. Tapi struktur kurikulum atau beban belajara mengajarnya terbagi menjadi 2 struktur yaitu:
- Kelas 7 dan 8
- Kelas 9
Struktur Kurikulum Merdeka SMP/MTs
Struktur Kurikulum Merdeka di SMP/ MTs terbagi menjadi 2 kegiatan utama, yaitu:
Pembelajaran Intrakurikuler
Kegiatan pembelajaran intrakurikuler di setiap mata pelajaran mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP). CP diatur oleh SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) No. 57 Tahun 2022.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.(5P)
Profil Pelajar Pancasila terdiri dari 5 dimensi yaitu:
- Dimensi Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia Akhlak Beragama
- Berkebinekaan Global
- Gotong Royong
- Mandiri
- Bernalar
- Kreatif
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dialokasikan sekitar 25% dari total JP per tahun. Sistemnya dilakukan secara fleksibel, baik muatan maupun waktu pelaksanaan.
- Muatan. Projek harus mengacu pada capaian 3P sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran.
- Waktu. Projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.
Sistematika Penulisan Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum merdeka SMP atau MTS disusun dengan sistematika yang berbeda dengan penulis struktur kurikulum sebelumnya. Berikut karakteristik penulisan struktur kurikulum berdasarkan kategori:
Sistematika Penulisan
Beban belajar setiap muatan/mata pelajaran ditulis dalam Jam Pelajaran (JP) per tahun. Satuan pendidikan dapat mengelola alokasi waktu setiap minggunya secara fleksibel dalam 1 tahun ajaran.
Muatan/Mata Pelajaran
- Mapel Pendidikan Agama (1a sd 1f) diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
- Muatan Seni dan Budaya (No. 6) disediakan oleh satuan pendidikan minimal 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan/atau Seni Tari). Peserta didik memilih 1 jenis seni.
- Satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif di SMP/MTs menyediakan layanan program kebutuhan khusus sesuai kondisi peserta didik.
- Beban belajar bagi penyelenggara pendidikan dengan Sistem Kredit Semester (sks) dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai sks.
Alokasi Waktu
- Muatan Lokal sebagai mata pelajaran pilihan paling banyak 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun.
- Total JP di tabel tidak termasuk Muatan Lokal, dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.
Muatan Mata Pelajaran SMP/MTs
Berikut ini muatan mata pelajaran di SMP atau MTs adalah:- Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
- Pendidikan Pancasila
- Bahasa Indonesia
- Matematika
- Ilmu Pengetahuan Alam
- Ilmu Pengetahuan Sosial
- Bahasa Inggris
- Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
- Informatika
- Seni dan Budaya
- Muatan Lokal (Mulok)
Mata pelajaran Informatika kembali masuk di struktur kurikulum Intrakurikuler, sebelumnya dimasukkan ke mata pembimbingan.
Struktur Kurikulum Merdeka SMP/MTs Kelas 7 dan 8
Struktur kurikulum merdeka kelas 7 dan 8 SMP/MTs memiliki beban belajar yang diasumsikan 1 Tahun berjumlah di 36 minggu dan alokasi waktu 1 jam pelajaran (JP) berjumlah 40 menit.
Tabel Alokasi Waktu
No | Mata Pelajaran | Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) | Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun | Total JP Per Tahun |
---|---|---|---|---|
1a | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 72 (2) | 36 | 108 |
1b | Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | 72 (2) | 36 | 108 |
1c | Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | 72 (2) | 36 | 108 |
1d | Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | 72 (2) | 36 | 108 |
1e | Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* | 72 (2) | 36 | 108 |
1f | Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* | 72 (2) | 36 | 108 |
02 | Pendidikan Pancasila | 72 (2) | 36 | 108 |
03 | Bahasa Indonesia | 180 (5) | 36 | 216 |
04 | Matematika | 144 (4) | 36 | 180 |
05 | Ilmu Pengetahuan Alam | 144 (4) | 36 | 180 |
06 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 108 (3) | 36 | 144 |
07 | Bahasa Inggris | 108 (3) | 36 | 144 |
08 | PJOK | 72 (2) | 36 | 108 |
09 | Informatika | 72 (2) | 36 | 108 |
10 | Seni dan Budaya** Seni Musik Seni Tari Seni Rupa Seni Teater |
72 (2) | 36 | 108 |
11 | Muatan Lokal | 72 (2) * | - | 72 |
TOTAL** | 1044 (29) | 360 | 1404 | |
Struktur Kurikulum Merdeka SMP/MTs Kelas 9
Struktur Kurikulum Merdeka untuk kelas 9 SMP/MTs terdapat pengurangan alokasi waktu tiap mata pelajaran. Hal ini disebabkan adanya pengurangan jumlah Minggu dalam setahun. Asumsi 1 tahun berjumlah 32 minggu dan 1 JP selana 40 menit.
Tabel Alokasi Waktu
Adapun rincian alokasi waktu mata pelajaran kelas 9 SMP/MTS dapat dilihat di tabel berikut:
No | Mata Pelajaran | Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) | Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun | Total JP Per Tahun |
---|---|---|---|---|
1a | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 64 (2) | 32 | 96 |
1b | Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | 64 (2) | 32 | 96 |
1c | Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | 64 (2) | 32 | 96 |
1d | Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | 64 (2) | 32 | 96 |
1e | Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* | 64 (2) | 32 | 96 |
1f | Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* | 64 (2) | 32 | 96 |
02 | Pendidikan Pancasila | 64 (2) | 32 | 96 |
03 | Bahasa Indonesia | 160 (5) | 32 | 192 |
04 | Matematika | 128 (4) | 32 | 160 |
05 | Ilmu Pengetahuan Alam | 128 (4) | 32 | 160 |
06 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 96 (3) | 32 | 128 |
07 | Bahasa Inggris | 96 (3) | 32 | 128 |
08 | PJOK | 64 (2) | 32 | 96 |
09 | Informatika | 64 (2) | 32 | 96 |
10 | Seni dan Budaya** Seni Musik Seni Tari Seni Rupa Seni Teater | 64 (2) | 32 | 96 |
11 | Muatan Lokal | 64 (2) * | - | 64 |
TOTAL** | 1044 (29) | 320 | 1404 | |
Pengembangan Muatan Lokal Kurikulum Merdeka
Kurikulum merdeka membolehkan satuan pendidikan menambahkan muatan lokal. Mulok dikembangkan sesuai karakteristik daerah dan ditetapkan oleh pemerintah daerah.
Sekolah atau Madrasah secara fleksibel dapat mengembangkan kurikulum muatan lokal dengan 3 pilihan, yaitu:
- mengintegrasikan ke dalam mata pelajaran lain;
- mengintegrasikan ke dalam tema projek penguatan profil pelajar Pancasila; dan/atau
- mengembangkan mata pelajaran yang berdiri sendiri.
Itulah uraian seputar Struktur Kurikulum Merdeka SMP/MTs lengkap beserta alokasi waktunya yang admin bagikan. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi semua sahabat poroskompas.id dimanapun berada. Terima Kasih.
Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini dan jangan lupa untuk klik Berbagi. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun poroskompas.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan dan informasi lainnya.
Sumber Referensi : Merdeka Belajar
Posting Komentar untuk "Struktur Kurikulum Merdeka SMP/MTs Beserta Alokasi Waktunya"