Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Chatbot WhatsApp untuk Balas Pesan Otomatis

Cara Membuat Chatbot WhatsApp Otomatis

Halo sahabat POROSKOMPAS.ID! Pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi informasi bagaimana cara mudah membuat Chatbot WhatsApp untuk balas pesan secara otomatis. Apakah Anda pernah mendengar istilah chatbot?. Chatbot adalah robot virtual yang mampu membalas pesan secara otomatis selayaknya manusia. Teknologi canggih ini juga dapat Anda temukan dalam aplikasi pesan instan seperti WhatsApp atau WA chatbot.

Sebagai pebisnis yang menggunakan WhatsApp, tentu sudah seharusnya Anda mengetahui cara membuat Chatbot WhatsApp. Pasalnya, beberapa waktu terakhir kehadiran chatbot berhasil membawa perubahan baru dalam pelayanan bagi pelanggan di dunia digital. Bahkan, chatbot bisa dikatakan sebagai kartu AS bagi pengelola bisnis dan perusahaan.

Terlebih saat ini sudah tersedia chatbot yang telah dilengkapi dengan NLP (Natural Language Processing). Fitur ini bisa membuat pelanggan menjadi lebih nyaman untuk ngobrol sekalipun itu hanya sebuah chatbot. Pasalnya, kehadiran NLP ini bisa berkomunikasi dengan natural layaknya seorang manusia.

Apa itu Chatbot WhatsApp?

Chatbot WhatsApp merupakan sebuah perangkat lunak otomatis yang didukung oleh kecerdasan buatan dan dijalankan oleh platform WhatsApp. Pengguna aplikasi WA bisa berkomunikasi bersama chatbot dengan tampilan antarmuka selayaknya sedang berbicara bersama manusia pada umumnya.

Namun, serangkaian balasan pesan yang tampil merupakan sebuah simulasi otomatis dari chatbot. Secara khusus, chatbot WhatsApp adalah sebuah program perangkat lunak yang berjalan dalam platform WA secara terenkripsi. Pengguna WA bahkan bisa berkomunikasi dengan chatbot untuk menggantikan admin real.

Cara Membuat Chatbot WhatsApp Otomatis

Tahukah Anda, jika pengguna WhatsApp meningkat dengan signifikan. Pada tahun 2021 saja, tercatat peningkatan jumlah pengguna hingga 40%. Melihat angka tersebut, tentu memilih WhatsApp sebagai media bisnis bisa jadi pilihan yang tepat. Lalu, bagaimana cara membuat chatbot WhatsApp? Begini caranya!

Unduh Aplikasi WhatsApp Business

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi WhatsApp Business terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkannya di Play Store atau App Store. Aplikasi ini juga tersedia gratis untuk semua pengguna. Jadi, tidak perlu ragu saat mengunduhnya.

WhatsApp Business diciptakan untuk mempermudah pelayanan pelanggan dan meningkatkan pengalaman belanja mereka. Karena itu, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk dipakai oleh berbagai bidang bisnis. Mulai dari bisnis pribadi, perusahaan kecil, menengah, hingga perusahaan berskala besar.

Buat Akun Bisnis

Setelah aplikasi WhatsApp Business terpasang, Anda bisa mulai mendaftarkan bisnis pada aplikasi tersebut. Mulailah dengan mendaftarkan sebagai "Pengelola Bisnis" terlebih dahulu, lalu selesaikan "Verifikasi Bisnis". Selanjutnya, Anda bisa langsung membuat akun WhatsApp Business.

Jangan lupa untuk memastikan jika nama bisnis yang Anda masukan sudah sesuai. Pasalnya, nama tersebut tidak bisa diubah kembali. Apabila verifikasi telah selesai, Anda bisa membuat akun WhatsApp Business.

Rancang Percakapan

Ini merupakan salah satu tahapan penting dari cara membuat chatbot WhatsApp. Tentunya, Anda pasti ingin memastikan apakah chatbot bisa merespon pertanyaan pelanggan dengan tepat, bukan? Karena itu, Anda harus merancang berbagai informasi sebagai jawaban dari chatbot atas pertanyaan yang diberikan oleh pelanggan.

Misalnya, Anda bisa mempersiapkan beberapa informasi umum seperti bisnis atau perusahaan, informasi produk, prosedur pembayaran, atau beberapa pertanyaan penting lainnya. merancang percakapan ini tidak hanya penting untuk chatbot WhatsApp, tetapi juga berlaku untuk chatbot lainnya.

Lengkapi Profil dan Fitur Pemesanan

Setelah langkah sebelumnya selesai dilakukan, selanjutnya Anda harus melengkapi profil akun bisnis tersebut agar kesannya lebih tepercaya. Coba masukan beberapa informasi dasar seperti kategori bisnis, deskripsi, kontak, alamat email, situs website, dan sebagainya.

Agar lebih lengkap, Anda juga bisa menyertakan alamat bisnis pada akun WhatsApp Business. Lalu, bagaimana jika ingin mencantumkan link sosial media seperti Instagram atau Facebook? Tenang, Anda bisa mencantumkan link tersebut pada kolom situs web.

Integrasikan Chatbot

Langkah terakhir dan paling penting ialah mengintegrasikan akun WhatsApp Business tersebut dengan chatbot. Pasalnya, jika belum terintegrasi akan sedikit sulit untuk bisa menikmati semua layanan dan benefit yang dimiliki oleh chatbot.

Anda bisa memilih produk chatbot yang mana saja, karena saat ini di Indonesia sudah terdapat banyak perusahaan yang menyediakan produk chatbot. Kualitasnya pun tidak dapat diremehkan dan dapat merespon pelanggan dengan cukup menarik.

Nah, itulah beberapa Cara Membuat Chatbot WhatsApp yang bisa Anda lakukan agar muncul balasan otomatis pada pelanggan. Ingat, untuk merancang jawaban yang tepat agar obrolan chatbot bisa terasa lebih natural. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba dan terima kasih.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini dan jangan lupa untuk klik Berbagi. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun poroskompas.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan dan informasi lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Chatbot WhatsApp untuk Balas Pesan Otomatis"