Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menghapus Virus di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan Dengan Mudah

Cara Menghapus Virus di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Halo sahabat POROSKOMPAS.ID dimanapun berada, masih dalam pembahasan seputar dunia Teknologi. Pada kesempatan kali in admin akan berbagi informasi tentang bagaimana Cara Menghapus Virus di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan dengan cepat dan sangat mudah untuk Anda terapkan.

Ada banyak jenis virus di Laptop  seperti Worm, Spyware, Torjan, dan berbagai jenis lainnya. Virus ini dapat menyerang file maupun software, sehingga harus segera diatasi dengan cara ,enghapus virus tersebut di Laptop/Notebook Anda.

Dikutip dari situs staysafeonline.org, virus pada laptop mereplikasi dirinya, lalu menyebar melalui sistem operasi dan jaringan Laptop. Hal ini dapat merusak program, menghapus file, dan membuat perubahan buruk pada Hard Drive. Terus Apa Itu Virus ?.

Apa Itu Virus Laptop?

Virus pada Laptop merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus pada Laptop dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup.

Virus Laptop bisa juga dikatakan sebagai program perangkat lunak yang dirancang untuk menyusup ke dalam sistem komputer tanpa izin dan melakukan tindakan merusak. Virus bisa menyebar melalaui berbagai cara, termasuk melalui file yang diunduh dari internet, email yang terinfeksi, atau perangka penyimpanan yang sudah terkontaminasi virus. Lalu bagaiman Cara  Menghapus Virus di Laptop Tanpa Aplikasi, yuk simak penjelasan dari langkah-langkah tindakan yang harus Anda lakukan.

Baca Juga : Mengenal Ransomware WannaCry dan Cara Kerjanya

Cara Menhapus Virus di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan Dengan Mudah

Jika Laptop sahabat poroskompas.id terinfeksi virus, berikut adalah Cara Menghapus Virus di Laptop tanpa Aplikasi tambahan dengan sangat mudah, yuk simak berikut penjelasannya:

Menghapus Virus di Laptop dengan Task Manager

Task Manager dapat digunakan untuk menghapus virus di Laptop, dengan mematikan semua layanan yang mencurigakan, sekaligus memeriksa ada atau tidaknya virus pada task manager. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Klik tombol keyboard CTRL+SHIFT+ESCAPE, untuk membuka Task Manager.
  2. Masuk ke Task Manager, cek layanan yang mencurigakan, dan matikan layanan tersebut.
  3. Menjalankan MSConfig, kemudian masuk ke System Configuration.
  4. Klik tab Service, untuk menghilangkan tanda centang pada layanan yang mencurigakan.
  5. Masuk ke opsi tab Startup, pengguna mengecek apakah ada file yang mencurigakan.
  6. Jika terdapat file mencurigakan, tandai file dan buka Command Prompt.
  7. Cari file yang sudah ditandai, kemudian hapus file dengan langkah 1-4.
  8. Selesi.

Menghapus Virus di Laptop dengan Mematikan Autorun

Penyimpanan internal seperti flasdisk, hardisk, dan CD/DVD kemungkinan menyimpan virus. Sebagai langkah pencegahan virus menyebar ke Laptop, pengguna dapat mematikan proses autorun device, maupun media yang terkoneksi dengan Laptop.

Bagi pengguna Windows & dan versi terbaru, proses autorun device akan secara otomatis dinonaktifkan. AKan tetapi, untuk Windows xp harus dimatikan secara manual, berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik Start, pada kolom pencarian kerik RUN kemudian klik.
  2. Opsi lain, tekan tombol Windows+R pada Laptop.
  3. Ketik gpedit.msc, selanjutnya tekan Enter dan masuk ke Computer Configuration.
  4. Klik  Administrative Template > System > Turn Off Autoplay.
  5. Matikan tanda centang pada Enabel, lalu pilih opsi All Driver.
  6. Pastikanjika fitur Autorun dan Autoplay sudah benar-benar dinonaktifkan.
  7. Selesai.

Menghapus Virus di Laptop dengan CMD

Command Prompt atau CMD adalah sistem operasi Windows, yang berguna untuk menghapus virus. Ikuti cara menghapus virus dengan menggunakan CMD, yuk simka langkah-langkah dibawah ini:

  1. Masuk ke sistem Command Prompt atau CMD, klik menu Start dan cari cmd.
  2. Klik kanan, kemudian pilih Run as administrator.
  3. Ketik dir C: attrib -s -h /s /d dan tekan Enter, untuk memindai virus pada Drive C.
  4. Lakukan hal yang sama, jika ingin memindai Drive lainnya, cukup dengan mengganti huruf C sesuai dengan huruf Drive yang dipilih.
  5. Command Prompt akan menampilkan hasil memindai Drive, berupa isi file-file di dalamnya.
  6. Cari file asing dengan format.exe atau file yang belum pernah dipasang sebelumnya.
  7. Hapus file yang dianggap mencurigakan dengan Command Prompt ini, jika file tidak dapat dihapus gunakan RUN atau REGEDIT.
  8. Pada opsi  REGEDIT buka Start> Run> Regedit> Edit> Find.
  9. Kemudian, masukkan nama file yang dicurigai sebagai virus, hapus semua Registry termasuk foldernya.
  10. Selesai.
Melalui ketiga informasi tentang bagaimana Cara Mengahapus Virus di Laptop tanpa Aplikasi tambahan ini, pembaca bisa menghilangkan file-file mencurgakan, dan mengatasi laptop yang mulai lambat.

Baca Juga : Top 6 VPN Gratis Dengan Layanan Terbaik 2023

Demikian artikel singkat dari kami admin poroskompas.id yang berbagi informasi seputar dunia Teknologi dalam pembahasan tentang Cara Menghapus Virus di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan, yang bisa Anda terapkan dengan sangat mudah. Semoga informasi yang tersaji dalam artikel diatas bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba dan terima kasih.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, Anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia diakhir postingan ini dan jangan lupa untuk share artikel ini dengan cara Klik Berbagi. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silakan Follow akun poroskompas.id ini. Karena Website ini akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia Pendidikan beserta informasi bermanfaat lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Virus di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan Dengan Mudah"