Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Unduh Contoh Daftar Nilai Kurikulum Merdeka SD, SMP, SMA, dan SMK

Unduh Contoh Daftar Nilai Kurikulum Merdeka SD, SMP, SMA, dan SMK

Halo sahabat POROSKOMPAS.ID! Kembali bersua lagi. Pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi contoh Daftar Nilai Kurikulum Merdeka untuk SD, SMP, SMA, dan SMK yang bisa Anda unduh/download gratis pada link yang admin taruh dibagian akhir artikel ini.

Sebagaimana yang bisa kita ketahui bahwa Pemerintah dalam hal ini Kemendikbudristek melaksanakan sebuah program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Yang ternyata walaupupun IKM merupakan pilihan, nyatanya banyak sekolah yang memilih IKM baik yang tentunya menggunakan Kurikulum Merdeka.

Daftar Nilai Kurikulum Merdeka

Bagi Bapak/Ibu Guru daftar nilai tentunya sangat penting karena fungsinya untuk mencatat perolehan nilai siswa saat melakukan asesmen (penilaian).

Daftar Nilai merupakan kelengkapan administrasi guru yang akan ditanyakan oleh kepala sekolah atau pegawas sekolah saat melakukan supervisi.

Pada kurikulum merdeka itu sendiri ada asesmen (penilaian) formatif dan sumatif.

Data hasil asesmen itu sendiri juga dibedakan lagi menjadi data kualitatif (hasil pengamatan atau rubrik) dan data kuantifatif (berupa angka).

Untuk daftar nilai kurikulum merdeka yang kita bahas dan akan dibagikan contoh formatnya adalah berupa data nilai kuanitatif.

Kalau Bapak/Ibu Guru ingin lebih memahami apa itu sumatif, formatif, kualitatif, dan kuantitatif. Silahkan baca postingan sebelumnya: CARA MENGOLAH NILAI RAPORT KURIKULUM MERDEKA

Daftar nilai yang formatnya disesuikan dengan aplikasi raport, akan memudahan pengolahan nilai nantinya.

Cara Menyiapkan Daftar Nilai Kurikulum Merdeka

Daftar Nilai Kurikulum Merdeka yang kami share disini berformat excel dapat digunakan untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK.

Perlu kami sampaikan juga daftar nilai ini bukan buatan kami sendiri, didapatkan juga dari hasil pencarian di Internet.

Daftar nilai ini masih kosong dan perlu disiapkan agar sesuai perencanaan asesmen Bapak/Ibu Guru.

Karena daftar nilai ini berformat excel maka akan memudahkan dalam penyesuaian kotak-kotak tabel dan nanti saat di print rapi, silahkan ikuti langkah berikut:

1. Download dulu file daftar nilai Kurikulum Merdeka format excel untuk semua jenjang pendidikan. 

2. Di file ini sudah disediakan Cover Daftar Nilai.

3. Sheet "Identitas" diisi, nantinya nama guru dan kepala sekolah pada masing-masing mapel daftar nilai akan terisi otomatis.

4. Selanjutnya buka Daftar Nilai di masing-masing sheet. Untuk Mapel yang tidak diajarkan di kelas, tidak perlu di print.

Lingkup Materi (LM) yaitu konten dan konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran. Satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran).

Tujuan Pembelajaran (TP) dikembangkan dari Capaian Pembelajaran (CP) dalam satu fase.

5. Didalam format daftar nilai ini nampaknya kita tidak bisa menulis langsung karena kolomnya tidak cukup. Mungkin kita bisa membuat semacam format/lembar tambahan untuk menuliskan Daftar TP, yang sudah dilengkapi Nomor Kode TP  untuk mempermudah saat pengolahan nilai di aplikasi. Istiah kerenya kita Koding Nomor TP. 

6. Agar lebih rapi dan efisien Anda bisa menghapus kolom yang tidak terpakai dengan cara klik kolom dari atas, klik kanan "Delete".

Unduh Contoh Daftar Nilai Kurikulum Merdeka

Sampailah kita di akhir postingan, yang tentu keperluan utama adalah untuk mendownload file excel Daftar Nilai Kurikulum Merdeka yang disusun oleh I Made Rai Alit Sentanu, S.Pd.

Unduh Daftar Nilai Kurikulum Merdeka

Demikianlah artikel singkat dari kami yang mengulas tentang Contoh Daftar Nilai Kurikulum Merdeka untuk semua jenjang pendidikan dari mulai SD, SMP, SMA, dan SMK yang bisa kita pelajari dengan cukup mudah. Semoga informasi yang kami paparkan diatas bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini dan jangan lupa untuk klik Berbagi. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun poroskompas.id ini. Karena akan menyajikan ber.ita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan dan informasi lainnya.

Posting Komentar untuk "Unduh Contoh Daftar Nilai Kurikulum Merdeka SD, SMP, SMA, dan SMK"