Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CATAT! Siapkan Data Ini Sebelum Pendaftaran CASN 2023 Dibuka

Syarat dan Cara Daftar Seleksi CASN 2023

Halo sahabat POROSKOMPAS.ID! Pada kesempatan kali ini kami akan  berbagi informasi mengenai data yang disiapkan sebelum pendaftaran seleksi CASN 2023 resmi dibuka pada tanggal 17  September 2023. Dalam waktu dekat pemerintah akan membuka pendaftaran untuk seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Meliputi Pegawai Negeri Sipil (PNS) 543.593 formasi dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 28.903 formasi.

Pemerintah akan segera membuka seleksi untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023. Dalam seleksi yang dibuka 17 September 2023 itu, Calon ASN akan terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Masyarakat yang berminat mengikuti seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023, meliputi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) harap bersiap, sebab pada 17 September 2023 pendaftaran dibuka. 

Formasi CASN 2023, baik CPNS maupun PPPK yang dibuka akan ditujukan bagi instansi di pemerintah pusat maupun di pemerintah daerah. Jalur karier yang dibutuhkan pun beragam mulai dari guru hingga tenaga kesehatan.

Kementerian PANRB akan membuka 572.496 formasi untuk CASN 2023. Formasi tersebut diperuntukkan kepada 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN, dan pemerintah daerah 493.634 ASN.

Secara lebih rinci, CASN 2023 untuk pemerintah pusat sebanyak 28.903 untuk CPNS dan 49.959 untuk PPPK. Adapun di pemerintah daerah dialokasikan khusus sebanyak 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Teknis.

Mumpung masih ada waktu, para calon sebaiknya menyiapkan beberapa persyaratan umum, berikut di antaranya:

Syarat Pendaftaran CASN 2023

Syarat Dokumen Pendaftaran

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Ijazah
  • Transkrip Nilai
  • Pas Foto (menggunakan latar belakang merah)
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar

Pada saat pendaftaran tahun lalu, pemerintah mewajibkan peserta untuk menggunakan e-materai di sejumlah dokumen. Materai elektronik itu harus dipakai di surat lamaran, pernyataan dan dokumen lain. Berikut ini adalah sejumlah distributor tempat pembelian materia tersebut:

Cara Daftar CASN 2023

Pendaftaran CASN 2023 akan dilakukan di portal SSCASN BKN. Setelah dokumen dan e-materai disiapkan, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran. Anda bisa mencatat langkah untuk mendaftar CPNS 2023 berikut ini:

  • Portal SSCASN BKN memuat seluruh informasi terkait proses rekrutmen CASN.
  • Pelamar wajib memahami tata cara dan syarat pendaftaran dengan cermat dan teliti.
  • Terdapat beberapa menu yang tersedia pada portal SSCASN.
  • Alur untuk melihat tata cara pendaftaran Seleksi CASN 2022. Pelamar wajib membaca dengan teliti dan mempelajarinya agar tidak ada informasi yang tertinggal sebelum melanjutkan ke proses pendaftaran.
  • Klik FAQ untuk melihat pertanyaan yang sering ditanyakan seputar kendala yang sering dialami Pelamar pada saat proses pendaftaran. 
  • Klik Login untuk masuk ke portal pendaftaran seleksi CASN.
  • Bila belum memiliki akun, Klik Buat Akun, untuk memulai proses pendaftaran dan mengikuti seluruh ketentuan proses pendaftaran mulai dari melengkapi data, pengisian biodata, pemilihan jenis seleksi, mendaftar formasi, hingga mengunggah dokumen. 

Demikianlah paparan mengenai data yang perlu disiapkan sebelum seleksi peneriman CASN 2023 resmi dibuka pada tanggal 17 September 2023 mendatang. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini dan jangan lupa untuk klik Berbagi. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun poroskompas.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan dan informasi lainnya.

Posting Komentar untuk "CATAT! Siapkan Data Ini Sebelum Pendaftaran CASN 2023 Dibuka"