Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sistem Seleksi CPNS 2023, Info Jadwal dan Persyaratan Pendaftarannya

Sistem Seleksi CPNS 2023

Halo sahabat POROSKOMPAS.ID! Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi seputar Sistem Seleksi CPNS 2023, Info Jadwal dan Persayaratan Pendaftarannya yang akan dijelaskan pada isi artikel ini.

Di beberapa waktu terakhir Link Pendaftaran CPNS 2023 semakin dicari. Tampaknya sudah banyak yang tidak sabar ingin segera mengikuti rekrutmen nasional CPNS di sscn.bkn.go.id tahun 2023 ini. 

Bagi calon peserta semua, Sistem pendaftaran online seleksi CPNS 2023 kali ini hanya menggunakan laman resmi pendaftaran.

Jadi bagi calon pelamar yang belum berpengalaman atau baru akan mengikuti seleksi CPNS tahun 2023, setidaknya ada 3 link di website SSCASN BKN, yakni SSCN BKN untuk CPNS, SSCN Dikdin untuk sekolah ikatan dinas, dan juga ada SSPPPK atau SSCN PPPK adalah untuk Pendaftaran PPPK 2023.

Info terbaru mengenai Jadwal Seleksi CPNS 2023 dan Seleksi PPPK 2023 akan segera dirilis, dan Pendaftaran via SSCN secara Nasional pun akan juga segera dimulai

Kapan waktu dibukanya Pendaftaran CPNS 2023? 

Menurut informasi terbaru, masih belum ada perubahan dari kabar sebelumnya yakni pengumuman formasi akan dirilis pada Maret 2023, Selanjutnya Pendaftaran CPNS 2023 jika tidak ada halangan akan dibuka April dengan sistem seleksi masih sama yakni via online lewat Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (SSCN)

Kemudian beberapa update Info Seleksi CPNS 2023 yang paling dicari, antara lain Jadwal, dan Proses pendaftaran CPNS 2023 mulai dari pembuatan akun hingga mengunggah berkas semuanya bisa dilakukan via online menggunakan laman resmi lewat Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (SSCN).

Juga ada Pengumuman resmi jumlah formasi dan waktu pelaksanaan Pendaftaran CPNS 2023 yang menurut rencananya Dibuka April di web resmi SSCN, lihat Link Pendaftaran CPNS 2023.

Bagi peminat lowongan CPNS ini harap bersiap-siap! Seleksi CPNS 2023 akan Segera Dibuka dalam 1 atau 2 bulan lagi, Catat Tanggal dan ikuti prosedurnya.

Salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah Ukuran dan jenis file berkas pendaftaran yang telah ditentukan oleh sistem SSCN BKN, ikuti petunjuknya apabila melebihi batas ukuran, maka file otomatis akan ditolak sistem, untuk itu bisa penuhi Persyaratan tersebut dengan me resize file berkas-berkas yang akan dikirim online dalam pendaftaran CPNS 2023.

Kebingungan mengenai cara daftar, silahkan tunggu rilis resmi mengenai Syarat dan Panduan Pendaftaran online nanti tentang CPNS 2023 melalui SSCN.

Pada sistem seleksi CPNS 2023 di sscn.bkn.go.id pelamar diwajibkan memiliki akun di awal mula prosesnya atau terdaftar di sistem. Bagi Anda yang peserta tes CPNS tahun lalu mengikuti seleksi CPNS hanya tinggal login saja menggunakan akun sebelumnya.

Ingat link resmi bukaan CPNS bisa cek di SSCASN yakni website milik BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA dengan alamat lengkapnya sscasn.bkn.go.id.

Disana juga terdapat link SSCN DIKDIN yakni Sistem Seleksi CPNS jalur lainnya Melalui Pendidikan Kedinasan. Juga ada Jalur PPPK atau P3K dengan perjanjian kerja. Pastikan memilih link pendaftaran yang tepat.

Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengikuti Tahap Pendaftaran CPNS 2023 lalu penuhi Syarat bagi peserta yang bakal ikut tes CPNS 2023 dimulai dari ujian SKD dan dilanjutkan dengan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) melalui sistem CAT.

Selanjutnya kabar yang paling dinantikan adalah penentuan Jadwal Seleksi CPNS 2023, sekarang proses sedang berjalan namun keputusannya tergantung pada kepastian formasi kebutuhannya, demikianlah mekanisme tes CPNS 2023.

Kapan Sistem Seleksi CPNS 2023 Dibuka?

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 dalam waktu dekat akan kembali dibuka tepatnya 1 atau 2 bulan ke depan. Hal ini untuk mengatasi kekurangan abdi negara di pusat maupun daerah.

Kabar baik di tahun ini, Pemerintah berencana membuka kesempatan kerja melalui lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Hal ini disampaikan oleh Teguh Widjinarko sebagai Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bahwa pendaftaran CPNS akan dibuka tepatnya pada awal kuartal II tahun ini. 

Rencana bukaannya Sistem Seleksi CPNS 2023 bulan Mei akan ditentukan formasinya, dan bulan Mei-Mei dimulai proses pendaftaran peserta. Dan Juni waktu pelaksanaan ujian seleksi.

Menurut update kabar terbaru sistem seleksi CPNS 2023, aturan rekrutmen ini sudah diusulkan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan telah mendapat persetujuan beliau.

Kabar baik lainnya bahwa saat ini Kementerian PANRB telah dapat pertimbangan teknis dari Menkeu. Poin pentingnya bahwa menteri keuangan telah merestui bukaan CPNS dengan usulan rencana rekrutmen asn tahun 2023.

Selanjutnya proses berlanjut ke pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) kepada Kemenpan-RB. Jika prosesnya tuntas maka akan segera diumumkan.

Berapa Formasi dalam Sistem Seleksi CPNS 2023?

Berikut jumlah 1,3 juta formasi yang menjadi kuota rekrutmen ASN tahun ini: 

  • 1 juta guru PPPK dengan pola rekrutmen melalui program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (untuk Pemda).
  • Untuk Pemda (diluar guru) ditetapkan jumlahnya sekitar 189 ribu yang secara rinci, 70 ribu PPPK jabatan fungsional bukan guru, dan 119 ribu CPNS untuk macam-macam jabatan teknis yang sangat dibutuhkan tahun ini (termasuk tenaga kesehatan).
  • Untuk instansi pemerintah pusat ditetapkan sesuai dengan kebutuhan, jumlahnya sebesar sekitar 83 ribu dengan komposisi idealnya persentase 50% PPPK dan 50% CPNS.

Sistem Seleksi CPNS 2023 ini oleh BKN

BKN memberikan peluang masuk lowongan CPNS tahun 2023, berikut ini syarat yang semestinya dipenuhi dalam pendaftaran CPNS 2023 Badan Kepegawaian Negara atau BKN.

Apa saja detailnya? Simak kabar terbarunya mengenai syarat wajib yang perlu dipenuhi agar bisa ikut sistem seleksi CPNS 2023 yang bakal digelar oleh BKN ini.

Untuk rincian lengkapnya, berikut ini syarat dalam sistem seleksi CPNS 2023 dari BKN.

Persyaratan dalam Sistem Seleksi CPNS 2023

Pemerintah mengumumkan kabar terbaru tentang persyaratan apa saja yang diperlukan dalam seleksi CPNS 2023, antara lain:

  • Berusia 18-35 tahun ketika waktu melamar.
  • Tidak pernah dipenjara disebabkan tindak pidana selama dua tahun atau lebih.
  • Bukan dalam status PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri aktif.
  • Bukan juga tercatat sebagai anggota partai, pengurus partai, dan tidak tergabung dalam politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan memenuhi persyaratan jabatan.
  • Sehat jasmani dan rohani memenuhi persyaratan jabatan yang dilamar.
  • Bersedia ditempatkan dimana saja dalam wilayah Indonesia atau negara lain yang ditetapkan oleh instansi yang dilamar.
  • Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri atau Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan IPK tidak kurang 2,75 untuk lulusan D-3, IPK tidak kurang 3,00 untuk lulusan S-1, dan IPK tidak kurang 3,20 untuk lulusan S-2.
  • Bagi Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, Perguruan Tinggi dan Program Studi sudah memiliki akreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada waktu kelulusan.
  • Bagi Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri, sudah mendapatkan penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri pada Kementerian mengadakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi.
  • Menguasai Bahasa Inggris dengan pemberkasan berupa Sertifikat hasil TOEFL/TOEFL Prediction dalam dua tahun terakhir dengan nilai tidak kurang dari 450 (setara dengan Computer Based TOEFL tidak kurang dari 133 atau Internet Based TOEFL tidak kurang dari 45 atau TOEIC tidak kurang dari 405 atau IELTS tidak kurang dari 5,5).
  • Bagi pelamar pria dan wanita tidak ada tato dan bagi pelamar pria tidak ada tindik.

Jadwal Sistem Seleksi CPNS 2023

BKN rencananya membuka pendaftaran untuk kerja menjadi CPNS 2023 pada bulan Mei atau Mei mendatang.

Sedangkan terkait kabar seleksi CPNS 2023 dari BKN diberi kesempatan bagi lulusan SMA hingga S2 meliputi tujuh posisi berikut:

  1. Dokter;
  2. Perawat;
  3. Teknisi;
  4. Penyuluh pertanian;
  5. Penyuluh PU;
  6. Penyuluh KB; dan
  7. Guru (sebanyak 1 juta formasi).

Demikian artikel singkat dari kami admin Poros Kompas yang berisi informasi tentang  Sistem Seleksi CPNS 2023, meliputi Info Jadwal CPNS 2023 dan Persyaratan Pendaftaran CPNS 2023  yang telah dijelaskan dengan sangat terperinci pada isi artike diatas. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini dan jangan lupa untuk klik Berbagi. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun poroskompas.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan dan informasi lainnya.

Posting Komentar untuk "Sistem Seleksi CPNS 2023, Info Jadwal dan Persyaratan Pendaftarannya"