Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Fitur Snapdragon 8 Gen 3, Prosesor Qualcomm Generasi Terbaru

Mengenal Fitur Snapdragon 8 Gen 3, Prosesor Qualcomm Generasi Terbaru

Halo sahabat POROS KOMPAS dimanapun berada, kembali bersua pada pembahasan seputar dunia Teknologi dan Gadgatin. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang Fitur Snapdragon 8 Gen 3 atau yang biasa kita dengar dengan sebutan SD 8 Gen 3 yang merupakan Prosesor Qualcomm generasi terbaru.

Walaupun sudah terdapat beberapa ponsel bertenaga kencang karena ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 2, banyak orang menanti inovasi lainnya dari Qualcomm. Mereka memprediksi bahwa smartphone kelas atas rilisan tahun 2024 akan menggunakan chipset terbaru dari mereka, yaitu Snapdragon 8 Gen 3. Hingga kini, Qualcomm masih menyimpan rapat informasi tentang teknologi tersebut.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Keamanan Smartphone Android

Snapdragon 8 Gen 3

Qualcomm dikabarkan akan segera meluncurkan chipset seri Snapdragon 8 Gen berikutnya, yaitu Snapdragon 8 Gen 3, Oktober kemarin. Bocoran sebelumnya menunjukkan bahwa perangkat seperti Xiaomi 14, OnePlus 12, seri Samsung Galaxy S24, Vivo X100, dan seri iQOO 12 bakal menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Menjelang peluncuran resminya, rincian SoC Snapdragon 8 Gen 3 bocor berkat daftar Geekbench baru. Smartphone Nubia Red Magic 9 yang akan datang dengan model NX769J dan Snapdragon 8 Gen 3 telah muncul di Geekbench. Daftar benchmark tersebut mengungkap hasil pengujian single-core, multi-core, serta kecepatan clock berbagai core dan rincian GPU Snapdragon 8 Gen 3.

Kabarnya, prosesor dengan kode SM8650 itu memiliki kode nama Lanai atau Pineapple. Chipset Snapdragon biasanya diberikan kode nama dari salah satu hal yang khas di Hawai. Misalnya seperti Lahaina untuk 888, Taro untuk 8 Gen 1, dan Kalama untuk 8 Gen 2. Oleh karena itu, nama Lanai untuk Gen 3 bisa jadi benar. Setelah mengenal sebutan atau nama dari Snapdragon 8 Gen 3, yuk langsung saja kenali fitur-fiturnya di bawah ini.

Apa Saja Fitur Snapdragon 8 Gen 3?

Qualcomm belum mengumumkan secara resmi fitur-fitur apa saja yang akan dimiliki prosesor Snapdragon generasi terbaru mereka. Meski begitu, sumber terpercaya yang laporannya sudah terbukti benar beberapa kali telah membocorkan informasi mengenai 8 Gen 3 berikut:

Dukungan Penuh 64-bit

Qualcomm akhirnya akan meninggalkan dukungannya untuk 32-bit sehingga mereka akan memberikan dukungan penuh untuk 64-bit. Di tengah ekosistem Android yang sudah bermigrasi ke dukungan 64-bit saja, hal ini membuat produk tersebut menjadi lebih efisien. Bagaimana tidak? Sejak Agustus 2021 lalu, Google Play Store hanya menyediakan aplikasi-aplikasi 64-bit ke perangkat yang mendukung.

Arm Cortex Terbaru

Di prosesor generasi sebelumnya, Qualcomm menggunakan konfigurasi desain 1+4+3, yang efficiency cores-nya terdiri dari satu X3, kombinasi dua A715 dan dua A710, serta tiga A510. Apabila Snapdragon 8 Gen 3 menggunakan konfigurasi desain yang sama, diperkirakan cores yang akan mereka gunakan adalah satu Cortex-X4, empat A720 atau dikombinasikan dengan A715, serta tiga A520.

Hadirnya Cortex-X4 dalam prosesor tersebut akan memberikan peningkatan performa sebesar 15% dari generasi sebelumnya. Tak hanya itu, efisiensi dayanya pun akan bertambah hingga 40%. Apalagi, generasi terbaru dari A720 dan A520 menjanjikan bahwa efisiensinya dari tahun ke tahun akan meningkat kurang lebih 20%.

Penggunaan detail konfigurasi tersebut bukanlah satu-satunya bocoran yang beredar. Menurut Digital Chat Station, Snapdragon 8 Gen 3 akan menggunakan konfigurasi baru yakni 1+5+2. Namun, mereka pun melaporkan bahwa Cortex-X4 yang memiliki clock 3.7 GHz akan menjadi cores utama yang dipakai.

Menggunakan Adreno 750 GPU

Informasi mengenai GPU atau graphics processing unit yang akan mendamping Snapdragon 8 Gen 3 masih terbatas hingga saat ini. Masih dari Digital Chat Station, dilaporkan bahwa GPU yang akan digunakan memiliki nama Adreno 750. Kabarnya, GPU tersebut akan meningkatkan kemampuan sang prosesor secara signifikan. Harapannya, Adreno 750 dapat menjadi GPU Qualcomm pertama yang bisa menyentuh clock speed hingga 1 GHz.

Baca Juga : Mengenal Apa itu ChatGPT dan Cara Menggunakannya

Integrasi Teknologi AI

Pada tahun 2023, perkembangan AI menjadi perbincangan sangat hangat. Mengingat hal tersebut, AI pun dipastikan akan memiliki peran yang besar dalam perkembangan prosesor-prosesor yang Qualcomm kembangkan. Meski begitu, belum diketahui kemampuan spesifik apa saja yang akan meningkat setelah kecerdasan artifisial tersebut mereka sematkan terhadap prosesor-prosesornya.

Kemungkinan besar, chipset tersebut dapat mengkompresi model-model AI dengan lebih baik. Hal tersebut terlihat dari ponsel demo yang dapat menjalankan Stable Diffusion, meskipun dengan kemampuan yang terbatas.

Modem Snapdragon X75 5G

Snapdragon 8 Gen 3 tidak akan lengkap tanpa adanya rangkaian konektivitas yang memadai. Sama seperti aspek lainnya, chipset ini pun diharapkan akan menggunakan teknologi konektivitas terbaik dan terbaru. Selain dukungan untuk Wi-Fi 7, Snapdragon X75 5G menjanjikan penghematan daya hingga 20% dibandingkan X70 serta memiliki GPS lebih akurat dengan GNSS Location G2 yang diperuntukkan untuk chip flagship Qualcomm terbaru.

Qualcomm menyebut X75 sebagai sistem advanced-ready-modem-RF 5G pertama di dunia. Maksudnya, transceiver yang dimiliki oleh sistem tersebut dapat menangani mmWave dan sub-6 band 5G sendiri, sehingga ia siap menghadapi evolusi jaringan 5G yang menggunakan kedua frekuensi tersebut. Desainnya tersebut ikut berkontribusi terhadap penghematan daya yang sistem ini miliki.

Selain itu, kabarnya X75 memiliki kemampuan AI processing 2.5 kali lebih cepat dari X70. Apalagi, ia juga memiliki teknologi mengaktifkan dua koneksi data SIM secara bersamaan sehingga kamu dapat memiliki dua koneksi 5G dalam satu waktu.

Demikianlah artikel dari kami tentang Fitur Snapdragon 8 Gen 3 yang merupakan Porosesor Qualcomm generasi terbarunya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih telah membaca artikel kami diatas. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan bantuan tambahan, jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentat dan jangan lupa untuk klik Berbagi. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun poroskompas.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan dan informasi lainnya

Posting Komentar untuk "Mengenal Fitur Snapdragon 8 Gen 3, Prosesor Qualcomm Generasi Terbaru"